Selasa, 22 Januari 2013

Profil Jurusan Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung


PROFIL JURUSAN MD
Sejarah
Seiring dengan perjalanan panjang Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang memiliki beberapa jurusan penting, diantaranya jurusan Manajemen Dakwah. Jurusan Manajemen Dakwa terlahir pada tahun 1995, sebagai jawaban atas perkembangan dan tuntutan kebutuhan, sekaligus menganulir pemahaman reduksionis yang menganggap Dakwah sebagai Khitabah (ceramah). Dengan dibukanya jurusan Manajemen Dakwah, mendapat sambutan baik dan menarik peminat dengan angka yang cukup signifikan. Bukti nyata dari antusiasnya masyarakat, hari ini, sudah tersebar lulusan Jurusan Manajemen Dakwah di berbagai wilayah yang mengaku posisi penting diberbagai intansi terkemuka.
Visi
Menjadi program studi professional dalam bidang tadbir (Manajemen Dakwah) tahun 2020 dalam rangka membangun nilai-nilai sosial dan intusional sesuai dengan misi utama dakwah islam.
Misi
Berkenaan dengan visi tersebut, misi utama jurusan Manajemen Dakwah adalah:
1.      Melakukan studi-studi baru tentang Manajemen Dakwah (Tadbir), baik sebagai ilmu maupun sebagai aktivitas manusia, untuk merumuskan konsep-konsep baru pada bidang Manajemen Dakwah;
2.      Melakukan studi dan atau riset tentang Manajemen Dakwah untuk menemukan relevansi dan nilai daya guna fungsional dalam kegiatan dakwah islam;
3.      Menyiapkan kader mudabir professional dalam bidang Manajemen Dakwah untuk memenui kebutuan masyarakat, khususnya dalam pelayanan:
1)      Pengelolaan majelis taklim;
2)      Pengelolaan masjid;
3)      Pengelolaan organisasi kemasyarakatan islam;
4)      Pengelolaan organisasi politik islam;
5)      Pengelolaan pelaksanaan ibadah haji, umroh, ziarah;
6)      Pengelolaan zakat, infak, dan shadaqah;
7)      Pengelolaan lembaga swadaya islam (LSM) dakwah;
8)      Pengelolaan lembaga keuangan syariah.
Tujuan
1.      Memiliki keahlian dasar dalam memaami, menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah yang ada dalam kawasan keahliannya, yakni bidang Manajemen Dakwah, baik secara teoritik maupun praktik;
2.      Memahami asas-asas pengelolaan dan mampu memangku posisi-posisi tertentu sesuai dengan keahliannya dalam kegiatan-kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat;
3.      Memiliki keterampilan praktis dalam bidang Manajemen Dakwah sekaligus memahami posisi Manajemen Dakwah dalam kerangka dakwah islam umumnya;
4.      Mengembangkan program studi Manajemen Dakwah dengan memberikan landasan etik dan moral dalam keterpaduan proses dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, keimanan dan ketakwaan.
Lapangan kerja Manajeman Dakwah
Ilmuwan dakwah, (dosen, peneliti) staf atau pengelola instansi pemerintah yang terkait perencanaan dan pengelolaan kelembagaan dakwah; tenaga professional dalam kegiatan perencanaan dan pengelolaan pengembangan kehidupan dan kepemimpinan umat pada setiap tingkatan; manajer pada lembaga swasta (profit/non profit) organisasi masyarakat, NGO, organisasi politik; pengelolaan lembaga islam pemerintah baik swasta dan lembaga-lembaga lain yang menjadi konsen jurusan Manajemen Dakwah.
Pimpina Fakultas Dakwah Dan Komunikasi
Dekan                          : Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin. M.Ag
PD I Akademik           : Dr. Ahmad Sarbini, M.Ag.
PD II Adum                : Drs. H. Syamsudin RS., M.Ag
PD Kemahasiswaan    : DR. H. Ujang Saefulloh., M.Si.
Ketua Jurusan Manajemen Dakwah
Ketua Jurusan             : Drs. Saepul Anwar. M.Ag
Sekretaris Jurusan       : Budi Budiman, M.Ag., M.Si.

Dosen Jurusan Manajemen Dakwah
Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin. M.Ag
Dr. Ahmad Sarbini, M.Ag.
Drs. H. Syamsudin RS., M.Ag
Drs. Saepul Anwar. M.Ag
Budi Budiman, M.Ag., M.Si.
Drs. Yususf Zaenal Abidin,MM
DR. H. Fisher Zulkarnaen, M.Ag
Drs. Hamzah Turmudi, M.Si
Drs. H. Ahmad Syamsir, M.Si
Husen Saeful Anwar. M.Si
Irfan Sanusi, M.Si
Dra. Yuliani, M.Pd.
DR. Dewi Sa’diah, S.Ag., M.Pd
Moch. Fakhruroji, M.Ag
Asep Iwan S, S.Sos.I, M.Ag
Herman, S.Sos I., M.Ag
Arif Rahman, S.Ag., M.Pd
Lilis Sulastri Lagut, S.Ag., MM