Senin, 11 Maret 2013

Diusahakan Biaya Transportasi Haji 2013 Turun

Diusahakan Biaya Transportasi Haji 2013 Turun


Foto
          Jakarta (Pinmas),Kamis, 7 Maret 2013 Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umroh, Anggito Abimanyu dan Menteri Perhubungan, EE Mangindaan akan berusaha menurunkan biaya transportasi haji tahun 2013. Hal itu terungkap dalam Rapat Panja BPIH DPR-RI dengan Dirjen PHU dan Menhhub, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3).

          Menteri Perhubungan mengatakan, biaya penerbangan haji tahun ini diperkirakan sebesar 2,151 dolar AS per jamaah, sedangkan pada tahun lalu. sebesar 2,210 dolar AS. “Biaya ini masih relatif stabil, “ kata Menhub Mangindaan.
             Menhub menambahkan, biaya pesawat layanan haji itu tergantung pada harga avtur (Aviation Turbine Fuel) dan juga sewa pesawat. “Kkalau harga avtur turun, maka ongkos pesawat juga turun, ” jelasnya.
             Saat ini, kata Menhub, PT Garuda sudah sewa 19 pesawat, yang terdiri 14 pesawat inti dan 5 lainnya sebagai cadangan (back up) mengantisipasi jika terjadi masalah.
            Ketua Komisi VIII DPR Ida fauziah menghimbau agar Kemenag dan Kemenhub melakukan koordinasi dan negosiasi dengan PT Pertamina untuk dapat menekan harga avtur. “ Kementerian Perhubungan juga agar lebih concern berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura agar bisa menekan biaya jasa pelayanan jamaah haji tahun 2013, “ harapnya.
        Ketua Komisi VIIIDPR RI Ida Fauziah berharap agar Kementerian Agama maupun Kementerian Perhubungan dapat membuka kesempatan bagi perusahaan penerbangan lain untuk bisa ikut menjadi peserta tender penerbangan haji dengan tidak menapikan aturan dan persyaratan yang sudah ditetapkan. 
Sumber: http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=121458