Rabu, 06 Juni 2012

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN FKM-MD PERIODE 2010-2012




Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur atas segala ni’mat yang telah diberikan Tuhan kepada kita semua di hari ini, kemarin dan esok. Sholawat serta salam selalu kita lantunkan kepada Nabi akhiruzzaman, Muhammad S.A.W. Selanjutnya pada kesempatan kali ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat luar biasa dimana kita bisa berkumpul dalam forum tertinggi di FKM-MD.
Inilah rumah kita, rumah berkumpulnya segala macam bentuk aspirasi tentang jurusan manajemen dakwah, rumah yang dengan harapan tercipta sebuah kenyamanan di dalamnya, kenyamanan atas suasana silaturrahmi antar mahasiswa yang merupakan berbagai macam jenis dan kalangan serta budaya.
Sesungguhnya inti persoalan yang terletak pada FKM MD bukan dan tak jauh-jauh dari sebuah mis communication, hari ini tumbuh, belum berkembang harus segera tumbang dan digantikan yang lain yang belum mengerti apapun tentang FKM, sedangkan yang telah tumbang belum sempat menurunkan amanahnya kepada yang baru, begitulah kiranya roda perputaran yang berlaju secara terus menerus.
Kita tak akan berdiam diri membiarkannya berlalu begitu saja seperi ini selamanya kawan. Kita harus segera menghentikannya, memotong siklus yang sangat merugikan ini, dengan membuat hubungan yang baru, yang lebih baik lagi dimulai dari diri kita sendiri, kesadaran kita sendiri akan kemajuan FKM, tak hanya mementingkan ego individualis semata agar apa yang kita lakukan sejauh ini tidaklah sia-sia terbuang begitu saja.agar dana yang kita keluarkan dengan  sepenuh perjuangan tidak melayang begitu saja, agar keringat yang telah kita cucurkan sampai detik ini tak kering dengan sia-sia, agar kita tak akan dibodohi ataupun membodohi satu sama lain dengan kedok FKM, saya pribadi atas nama pimpinan tertinggi FKM saat ini sudah tak ada kuasa lagi atas apa yang akan terjadi di esok hari, namun jika diperkenankan kiranya inilah ungkapan sebuah tabir yang mengganjal atau menutupi lembaga kita kali ini.
FKM merupakan Forum Nasional, kedewasaan yang lebih dewasa yang diperlukan untuk mengelola FKM, sudah bukan tarafnya ego pengelola HMJ/BEMJ lagi kalau dibahasakan, sudah lebih dari itu. Berbagai permasalahan yang akan dihadapi serta keputusan yang akan diambil oleh pemangku jabatan di FKM sudah bukan kelasnya “ikan teri” lagi. FKM lembaga tertinggi di lingkungan mahasiswa Manajemen Dakwah, walaupun seluruh anggotanya berasal dari gabungan semua anggota BEMJ.HMJ Manajemen Dakwah yang ada di seluruh perguruan tinggi Indonesia.
Apa yang ada di periode lalu sekiranya hal tersebut masih baik untuk dilakukan, agar dilanjutkan perwujudannya, akan tetapi jikalau hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak patut berada di tengah-tengah lingkungan FKM, segera hindarkan bahkan jauhkan agar virusnya tak segera menyebar ke penjuru yang lain.
Mencela dan mengkritik memang selalu lebih asyik, kata sementara orang. Tapi kritik,meski pahit dan sakit, akan lebih ringan perihnya, jika berasal dari diri sendiri. Untuk itu, perlu ikhtiar sungguh-sungguh menemukan akar problem, mengapa FKM seperti ini?
Kita yang hadir di kongres ini tidak akan menjadi hakim di hadapan sejarah suram FKM dalam periode-periode sebelum ini. MD tidak pernah dwi warna dalam konsentrasi, A atau B, coraknya berbagai, lebih dinamis dan menggelitik untuk dikaji dan dikembangkan.
Kongres kali ini berupaya memetakan, merangkai sebuah lukisan, merunut sebuah puzzle, agar memudahkan kita, umat FKM MD, untuk berkaca dari sejarah. Seringkali, ketika nasihat tak lagi ampuh membawa perubahan, ketika rasa percaya diruntuhkan oleh slogan-slogan komersial, ketika fanatisme dan egoisme membutakan hati, maka saat itu ajakan untuk bercermin dari telaga masa lampau menemukan momentum. Di telaga itu ada keindahan, tapi juga luka dan cacat yang harus diperbaiki, maka biarkan dari kita mematut diri dengan mata kepala sendiri, lalu merenung dalam kesenyapan nurani.
Semoga kesadaran selalu datang dan tetap terjaga.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
I.                   Struktur pengurus FKM-MD periode 2010-2012
Ketua                    : Usfiyatul Marfu’ah (Semarang)
Sekretaris             : Oky Mulkan A.U (Aceh)
Bendahara             : Angel Anjani (Jakarta)

Departemen-Departemen
1.  POSDM
Koordinator          : Agung Budiyono (Surabaya)
Anggota                : E. Nurul Bahrul Ulumiah (Bandung)
                              : Abdul Hafidz (Aceh)

2.   Wacana
Koordinator          : Nur Afni Khafsoh (Jogjakarta)
Anggota                : Deny Pratama Agung (Surabaya)
                              : Ahmad Sahil (Riau)

3.   Net Working
Koordinator          : Mazwan (Riau)
Anggota                : Heri Nur Hadi (Semarang)
                              : Hernindayati Reswari (Lampung)
                              : Ahmad Arifin (Medan)
4.   Advokom
Koordinator          : Hamdin al murdani (Bandung)
Anggota                : Abdus Somad Pane (Jakarta)
                              : Siska Emilya soga (Lampung)

Kordinator Wilayah I : Barry  (Medan)
Meliputi:
-     Irnairy (Aceh)
-     Fathul Hadi (Riau)

Koordinator Wilayah II: Malky Lukmanul Hakim (Bandung)
-     Siti Wurian (Lampung)
-     Suhendri (Jakarta)

Koordinator Wilayah III: Moch. Isqhom F. (Surabaya)
-     Abdur Rahman (Semarang)
-     Badriyanto (Jogjakarta)

II.                Program kerja FKM-MD periode 2010-2012
No
Program
Waktu
Penanggung Jawab
Realisasi
1.
Pengumpulan judul skripsi (pengurus pusat) dan referensi mata kuliah di MD
Minggu ke-dua Februari 2011 (deadline)
Dept. Wacana
Terealisasi (hanya sebagian)*
2.
Pengumpulan data alumni dari masing-masing HMJ/BEMJ
Minggu ke-dua Februari 2011 (deadline)
Dept. Networking
Tidak terealisasi*
3.
Mengintruksikan kepada tiap-tiap HMJ/BEMJ untuk mengumpulkan alumni MD
Akhir 2011
BPH dan masing-masing ketua HMJ/BEMJ
Terealisasi*
4.
Pengumpulan kas wajib dari masing-masing HMJ/BEMJ sebesar Rp. 100.000,- per tahun
Terhitung bulan Januari 2011
Bendahara BPH
Tidak terealisasi
5.
Pembuatan PIN FKM MD
Minggu ke-empat Januari 2011
Bendahara BPH
Tidak terealisasi
6.
Pertemuan Kepala Jurusan dan PengurusPusat  FKM MD se-Indonesia
Awal Maret 2011
Dept. Networking, Dept. POSDM dan HMJ MD Surabaya
Terealisasi
7.
Pemberdayaan sekret FKM-MD pusat yang bertempat di Semarang. (jika sudah dinotariskan)
Kondisional
BPH dan Dept. Advokom
Terealisasi
8.
Mengumpulkan program kerja seluruh BEMJ/HMJ
Kondisional
Dept. Wacana
Terealisasi (hanya sebagian)*
9.
Pengenalan FKM-MD ketika ospek jurusan
Saat ospek jurusan masing-masing
HMJ/BEM-J Masing-masing daerah dan Dept. Networking
Terealisasi*
10.
Membuat KTA (Kartu Tanda Anggota)
Bulan April 2011
HMJ/BEM-J Masing-masing daerah dan Dept. Networking
Tidak terealisasi
11.
Menyelenggarakan Acara :
·         Baksos
·         Seminar
·         Pelatihan-pelatihan

Di setiap regional 1x/periode
Koordinator wilayah regional dan Dept. POSDM
Tidak terealisasi
12.
Kongres FKM-MD ke-III
Juli 2012
Pengurus FKM-MD se-Indonesia
Terealisasi

Keterangan:
1.      Diantara HMJ/BEMJ MD yang mengumpulkan judul skripsi, daftar alumni MD adalah dari: HMJ MD Surabaya dan HMJ MD Lampung. Salah satu kendalanya adalah kurang adanya kesadaran di masing-masing HMJ/BEMJ MD untuk menjalankan tugas ini, selain itu yang menjadi hambatan adalah reorganisasi kepengurusan yang terjadi di tubuh HMJ, sedangkan pengurus yang terdahulu tidak menjadikannya rekomendasi untuk kepengurusan selanjutnya.
2.      Idem, akan tetapi ada yang telah membentuk forum untuk alumni, diantaranya HMJ MD Surabaya dan HMJ MD Aceh.
3.      Terealisasi  (dari BPH FKM-MD) adapun realisasi selanjutnya merupakan tugas masing-masing HMJ/BEMJ MD.
4.      Tidak terealisasikan. Dengan alasan banyak dari HMJ/BEMJ MD yang memiliki anggaran dana sangat terbatas yang digunakan untuk menjalankan program kerja organisasi sendiri. Atau tidak mengetahui adanya program kerja FKM seperti tersebut yang dibebankan kepada kepengurusan mereka karena kepengurusan yang sebelumnya tidak mengamanatkan serta meneruskan kepada yang setelahnya.
5.      Tidak terealisasi. Design telah ada dan pernah di share-in melalui facebook untuk disosialisasikan kepada pengurus HMJ/BEMJ MD, akan tetapi dengan alasan biaya program ini tidak terealisasikan.
6.      Kegiatan ini berlangsung di MD IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 25 maret 2011, yang dihadiri oleh Kajur UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kajur UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan 2 perwakilan mahasiswa, Sekjur IAIN Walisongo Semarang serta 3 perwakilan mahasiswa, Kajur dan Sekjur UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan 3 perwakilan mahasiswa, Kajur UIN Makassar, Kajur UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Kajur IAIN Bandar Lampung dan 1 perwakilan mahasiswa, Kajur IAIN Ar-Raniry Aceh dan 2 perwakilan mahasiswa. Adapun hasil dari pertemuan tersebut disebutkan dalam lampiran.
7.      Terealisasikan. Sesuai dengan surat yang tertanggal 20 Desember 2010 oleh pengurus FKM-MD Pusat (ketua) dengan alamat surat PD III Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang
8.      Idem dengan point 1
9.      Terealisasi akan tetapi hanya sebagian, diantaranya kunjungan ketua FKM-MD di HMJ MD IAIN Sunan Ampel ketika agenda MAMAD, kunjungan ketua FKM-MD di BEMJ MD UIN Sunankalijaga Yogyakarta ketika agenda OSPEK Jurusan, serta kunjungan ketua FKM-MD di HMJ MD IAIN Walisongo Semarang dalam agenda COMED. Selebihnya dilakukan oleh masing-masing pengurus FKM MD yang di masing-masing wilayahnya.
10.  Tidak terealisasikan, dengan design yang sudah ada.
11.  Tidak terealisasi dengan hambatan kurang adanya komunikasi antar wilayah.
12.  Terealisasi. Di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Berbagai macam hambatan:
a.       Kurangnya sosialisasi terhadap semua mahasiswa, sehingga banyak yang tidak faham dan akan FKM-MD
b.      Pengurus lama yang yang mengetahui tentang FKM-MD kurang begitu peduli dan punya interest di FKM, sehingga tidak ada regenerasi yang selanjutnya di FKM
c.       FKM diposisikan bukan sebagai hal utama, akan tetapi sebagai jabatan sampingan saja.
d.      Pengurus FKM terdiri dari mahasiswa semester lanjut
e.       Ketika ada kegiatan FKM, banyak dari anggota FKM yang tidak mengirimkan delegasi
f.       FKM disamakan/sianggap sama dalam kinerjanya layaknya HMJ/BEMJ
g.      Terjadinya mis komunikasi antara;
- antar pengurus FKM sendiri
- antara pengurus FKM dengan HMJ/BEMJ MD
Antara pengurus HMJ/BEMJ MD dengan sesamanya
h.      Banyak yang ingin mendapatkan manfaat di FKM, bukan memberikan manfaat
i.        Ego sentries di tubuh masing-masing pengurus FKM maupun di masing-masing HMJ
j.        Kurangnya ruang diskusi public

Rekomendasi:
a.       …………………………………………………………………………………………..
b.      ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
c.       ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d.      …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………........
e.       ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
f.       ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
g.      ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
h.      ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
i.        ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
j.        ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Demikian laporan pertanggungjawaban kepengurusan atas program kerja FKM-MD selama satu kepengurusan, masih adanya kekurangan yang terjadi tentunya akan semakin menumbuhkan kesadaran diantara kita untuk selalu berjuang memajukan FKM-MD sesuai dengan cita-cita luhur para pendiri FKM dan pendahulu kita.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pekanbaru, 7 Juni 2012
Pengurus FKM-MD periode 2010-2012



Usfiyatul Marfu’ah
Ketua Umum

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah Baiknya anda meninggalkan komentar setelah membaca postingan ini