Rabu, 17 April 2013

Layar PC Bisa Disulap Jadi Layar Sentuh

Layar PC Bisa Disulap Jadi Layar Sentuh

        Saat ini perangkat berbasis layar sentuh semakin populer dan menjadi tren baru TI di Indonesia . Sayang, dilihat harganya, perangkat-perangkat itu masih tergolong mahal, belum terjangkau bagi pengguna kelas menengah ke bawah.
      Kondisi ini membuat mereka yang ingin merasakan pengalaman komputer layar sentuh harus gigit jari.
     Namun, kini sudah ada solusi Motion Touchscreen Panel. Ya, teknologi ini dapat menyulap komputer, PC maupun TV layar datar pengguna bisa menjalankan pengalaman layar sentuh.
     Panel yang dikembangkan oleh Motion International ini cukup dipasangkan di depan layar perangkat pengguna, dan dalam sekejap, layar bisa merespons sentuhan jari.

       "Layar konvensional bisa menjadi layar sentuh karena teknologi inframerah yang bersumber dari panel," jelas Charles Chai, General Manager PT Motion International di arena Mega Bazaar Computer 2013, Senayan, Jakarta, 7 Maret 2013.
      Sumber inframerah dari panel mengalir ke permukaan kaca. Panel tersebut didesain terletak sesuai form factor layar monitor. "Teknologi ini tergantung dari sensitivitas panel," tambahnya.
      Layar yang direkomendasikan yaitu layar datar berbasis Windows 7 versi Ultimate dan Basic. Jika layar Windows Home Premium, pengalaman layar sentuh hanya satu titik sentuhan
(single touch) saja. Ini pernah kami buktikan sendiri dan ternyata hasilnya bagus.