Rabu, 04 September 2013

Madinah Siap Terima Kedatangan Jamaah Gelombang Pertama


Madinah Siap Terima Kedatangan Jamaah Gelombang Pertama

          Jakarta (Pinmas) —- 3/8/2013, Penyelenggaran ibadah haji 1434H/2013M sudah semakin dekat. Kelompok terbang pertama dijadwalkan akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Selasa (10/09) mendatang. Mereka akan menuju ke Madinah terlebih dahulu untuk menjalankan ibadah Arba’in.
              “Untuk kedatangan gelombang pertama, di Madinah sudah siap 100%,” demikian penjelasan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu, ketika dihubungi Pinmas, Selasa (03/09) malam.
             Dijelaskan Anggito bahwa persiapan di Madinah sudah 100% dan karenanya siap menerima kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang satu.

        Saat ini, Anggito Abimnyu bersama Tim Advance sedang berada di Arab Saudi untuk melakukan pelatihan terhadap tenaga musiman (temus). Selain itu, kunjungan Anggito ke Saudi jelang penyelenggaraan ibadah haji ini juga untuk mefinalisasi kontrak perumahan di Makkah, finalisasi kontrak dengan Muassassah, koordinasi dan persiapan dengan PPIH Arab Saudi, serta melakukan persiapan akhis di Sektor Khusus Masjidil Haram.
         Ditanya mengenai persiapan terakhir penyelenggaraan ibadah haji 1434H di Tanah Suci, Anggito menjelaskan bahwa secara umum sudah 95%. “Persiapan 95 persen, kecuali pelatihan temus dan amandemen kontrak perumahan,” terang Anggito.
            Anggito juga menjelaskan bahwa negosisasi rumah atau pemondokan di Makkah sudah 80 %. Proses ini masih berlangsung dan diharapkan bisa diselesaikan.
         Terkait kondisi terkini pembangunan Masjidil Haram, Anggito menjelaskan bahwa fasilitas tawaf untuk jamaah lansia dan kursi roda sudah terpasan dan siap untuk digunakan. “Kondisi sudah bagus, terpasang semuanya, dan aman untuk kursi roda dan lansia,” jelas Anggito.
            Kepada seluruh calon jamaah haji Indonesia 1434H/2013M, Anggito berpesan agar menjaga kesehatan, terlebih suhu udara di Saudi sedang panas. “Jaga kesehatan, suhu panas, dan ikuti semua petunjuk dari petugas,” pesan Anggito. (mkd/mch)