Jumat, 11 Oktober 2013

KONSENTRASI MANAJEMEN DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA

KONSENTRASI MANAJEMEN DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA 

Manajemen Dakwah (MD) adalah salah satu jurusan yang terdapat pada Fakultas Dakwah di Universitas Islam Negri, khususnya di Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta. menurut informasi dari berbagai sumber bahwa dalam manajemen dakwah sebelumnya terdapat dua konsentrasi, yaitu KUI (Keuangan Islam) dan SDM (Sumber Daya Manusia), dan pada tahun ini 2012/2013 terdapat satu konsentrasi tamabahan, yaitu konsentrasi Manajemen Haji.
Menilik kepada pengalaman beberapa mahasiswa baru 2012/2013 bahwa sebelumnya mengira bahwa semua informasi yang kami butuhkan saat pertama kali masuk Universitas ini akan di sediakan oleh pihak fakultas atupun universitas. Contohnya seperti konsentrasi yang seperti apa yang universitas dan fakultas serta jurusan suguhkan kepada para mahasiswa, yang mana kedepannya mahasiswa harus memilih salah satu konsentrasi tersebut.Tetapi fakta yang ada di lapangan berdasarkan pada pengalaman para mahasiswa baru, ternyata baik universitas, fakultas, ataupun jurusan tidak menyuguhkan informasi tersebut.
Di satu sisi, mahasiswa harus memilih salah satu pilihan yang tentu saja akan mempengaruhi masa depan mahasiswa itu sendiri. sedangkan di sisi lain mereka belum mengetahui seperti apa pilihannya. situasi seperti ini sungguh sangat membingungkan khususnya bagi para mahasiswa baru. meskipun sudah menjadi pengetahuan kita bersama bahwa sebelum proses perkuliahan di mulai tentunya di adakan acara OPAK dan SOSPEM, tetapi di dalam kedua kegiatan tersebut sama sekali tidak terdapat jadwal khusus untuk membahas atau mensosialisaikan konsentrasi Manajemen Dakwah secara mendetail, sekalipun ada hanya sedikit di singgung oleh para pemateri yang di hadirkan oleh panitia. baik itu dalam kegiatan OPAK ataupun SOSPEM. 
menurut nalar saya seharusnya di sisipkan satu program atau kegiatan untuk mengenali universitas, fakultas, jurusan, dan konsentrasi yang ada pada jurusan tersebut, kita bisa melihat bahawa ada sebelumnya ada sosialisasi perpustakaan, kegiatan ini sepatutnya untuk di contoh pihak universitas atupun pihak fakultas. Karena ternyata setelah penulis selidiki, faktanya bukan hanya penulis yang bingung akan perihal menentukan pilihan yang ada dalam jurusan, tidak sedikit dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bingung akan memilih satu konsentrasi di karenakan faktor kurang memahami seperti apa konsentrasi yang terdapat pada jurusan yang ia ambil. 
ini adalah satu masalah yang seharusnya dapat segera terselesaikan dengan baik, tanpa harus menunda karena beralasan satu dan yang lainnya, setidaknya jika masalah ini dapat teratasi, maka mahasiswa dapat meraba-raba dan membuat strategi untuk pilihan dan kehidupan yang akan ia jalani.